Custom Search

My Slide



Rabu, Maret 17, 2010

Trik Murah Transportasi Singapore - Kuala Lumpur

Membeli tiket kereta api maupun bis di Kuala Lumpur dan Singapore sangat berbeda jauh harganya walaupun itu bis atau kereta api yang sama. Mengapa? Kalau beli tiket di Malaysia kita membeli dengan mata uang Malaysia yaitu Ringgit, kalau membeli tiket di Singapore kita harus menggunakan mata uang Singapore yaitu dolar Singapore. Kalau dihitung-hitung perbandingannya hampir setengah harga.
Lumayan khan!
Lalu bagaimana dong kalau kita di Singapore ingin melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur atau ke daerah Jiran, Malaysia lainnya. Kita harus pintar-pintar, sehingga tidak harus dengan pengeluaran besar tetapi bisa mendapatkan tiket murah tanpa menggunakan mata uang Singapore? Koq bisa? Ya, Jawabannya, pasti bisa! Bagaimana bisa wong kita terbang dari Indonesia direct ke Singapore dengan harga promo dari airline yang paling banyak menawarkan promo-promo tiket murah. Nah, saya akan bagikan triknya.
Dari Singapore kita ingin meneruskan perjalanan menuju Kuala Lumpur, tetapi dengan ingin naik bis. Gimana yach caranya? Bis-bis menuju Kuala Lumpur bisa kita dapatkan di terminal Golden Miles. Dari terminal Golden Miles, Singapore naik bis menuju terminal Puduraya di Kuala Lumpur tarifnya sekitar SGD 26 per-orang atau Rp.182.000,
kalau nilai SGD 1= Rp.7000-, Saya mau kasih tau trik, hanya dengan 1/2 harga tiket dari Singapore menuju Kuala Lumpur. Naik bus yang sama. Haaa, hampir setengah harga lho! Bagaimana bisa? Pasti bisa dong. Jalan-jalan kita harus selalu punya trik ngirit biar bisa beli oleh-oleh, haaa!

Cara Ngirit Dari Singapore-Kuala Lumpur?
Tau ngak, bahwa semua bus-bus yang berangkat dari Golden Miles, Singapore, akan mampir terlebih dahulu di terminal bus Larkin, di Johor Baru, Malaysia.
Kalau kita naik bus tujuan Kuala Lumpur dari terminal Larkin, Johor Baru, Malaysia menuju terminal Puduraya, Kuala Lumpur, tarif tiket hanya MYR 24 atau hanya sekitar Rp.72.000, kalau MYR 1=Rp.3000-,

Bagaimana agar bisa sampai ke terminal Larkin, Johor Baru, Malaysia?
Dari Singapore setiap saat banyak bis-bis yang bisa kita naiki menuju terminal Larkin, Johor Baru, stiap 1kita bisa naik dekat stasiun MRT Bugis, Lavender dan Kranji, dengan tarif sekitar SGD 2.50/orang, serta waktu tempuh hanya sekitar 30-40 menit. Setiap saat selalu ada bus yang berangkat, jadi tidak usah takut tidak ada bis. Karena setiap 10-15 menit sekali ada bis yang berangkat. Jadi, ngga perlu khawatir.

Di perbatasan negara antara Singapore dan Malaysia kita harus melewati "checkpoint" yang merupakan imigrasi ke dua negara, imigrasi Singapore. Pada saat berada di daerah perbatasan,kita harus turun dari bus lalu berjalan kaki menuju loket imigrasi. Jadi jangan sampai lupa membawa semua barang bawaan anda, tanpa terkecuali. Mengapa? Karena setelah keluar dari bis dan memasuki daerah checkpoint kemungkinan besar bus yang akan kita pakai untuk melanjutkan perjalanan adalah bus yang berbeda. Tidak perlu menunggu bis yang sebelumnya kita naiki dari Singapore. Tinggal naik saja, yang penting perusahaan operator bus-nya sama.
Operator bis seperti SBS, Causeway, dsb. Peringatan paling penting adalah "jangan sampai tiket hilang". Kalau sampai tiket bis hilang, artinya kita harus membayar lagi atau beli tiket. Setelah keluar dari imigrasi Singapore, bus berjalan hanya sebentar sekitar 1-2 menit, kemudian berhenti, dimana kita memasuki imigrasi Malaysia. Sama seperti sebelumnya, saat turun dari bis menuju "checkpoint",jangan lupa membawa semua barang-barang bawaan. Setelah keluar dari imigrasi Malaysia, bis akan melanjutkan perjalanan menuju terminal Larkin.

Tiba di terminal Larkin, Johor Baru, Malaysia, biasanya akan dihampiri oleh 1-2 orang calo. Ngga usah diladeni. Ngga perlu khawatir, di terminal cukup aman, jangan bayangkan seperti orang kampung yang baru tiba di terminal Kampung Rambutan atau Pulo Gadung di Jakarta, yang bisa “dimakan” oleh calo. Biar tiba tengah malam sekali pun ngak perlu takut. Pokoknya aman, orangnya baik-baik. Jangan bayangkan calo di tanah air. Calo-calo bis disana hanya menawarkan jasa travel yang banyak dijual di counter. Semua tiket hanya boleh dibeli di counter-counter penjualan tiket, bukan di calo.

Sebelum membeli tiket sempatkan waktu untuk jalan-jalan sambil membandingkan terminal bis antar kota di tanah air, cobalah berjalan keliling-keliling sambil melihat beberapa loket agen bus yang ada di depan mata. Jangan lupa lihat tulisan jam keberangkatan bus tujuan yang akan dituju. Sebaiknya, sebelum memutuskan hendak naik bus, cobalah memandang ke bus-bus yang parkir, bus milik operator mana yang menarik minat anda. Bus mana yang bagus, setidaknya dari tampilan fisik. Inilah yang kami lakukan terutama anak-anak mereka katakan "mi, naik bis yang itu aja, yang bagus. Pasti AC-nya dingin", yang lain bilang "mi, kapan lagi naik bis bagus, mumpung bisa milih", walah, walah dasar anak-anak. Sebenarnya sih tidak perlu khawatir, karena setiap saat ada bus yang akan berangkat menuju Kuala Lumpur, bagus-bagus dan banyak, ada setiap 15 menit sekali.
Harga tiket tiket di counter bis

Ngak usah buru-buru berangkat mendingan berwisata kuliner dulu di terminal ini. Jangan bayangkan terminal bis Kampung Rambutan, yach! Di terminal Larkin, kita juga bisa menikmati jajanan khas Melayu atau Malaysia sambil duduk-duduk. Ada Bakery yang rasanya hampir mirip dengan Breadtalk, dengan harga jauh di bawah bakery-nya Breadtalk. Jika ternyata masih ada waktu menunggu, di terminal ini juga banyak kedai tempat makan yang bisa dipakai sebagai tempat duduk-duduk membuang waktu sambil menikmati makanan atau jajanan khas Malaysia.
Terminal "Larkin", Johor Baru - Terminal terminal "Puduraya", Kuala Lumpur
Waktu tempuh perjalanan dengan menggunakan bis antara terminal Larkin, Johor Baru menuju terminal Puduraya, Kuala Lumpur sekitar 4-5 jam. Tetapi kalau perjalanan pada malam hari akan lebih cepat, karena jalanan kosong.
Sepanjang perjalanan dari dalam bus banyak hal menarik, bisa dilihat seperti jalan-jalan yang mulus, rumah-rumah yang tertata rapih juga perkebunan kelapa sawit yang terbentang luas. Terkadang suasana pemandangan tanah air terlintas serasa perjalan melewati trans Sumatra. Kelebihan para armada di Malaysia adalah mereka tidak kebut-kebutan, tetapi cepat dan tepat. Juga tidak ada yang merokok dalam bis. Pokoknya nyaman deh. Hanya dengan 1/2 harga tiket Singapore-Kuala Lumpur, kita bisa tetap sampai di Kuala Lumpur dari Singapore.
Selamat berjalan-jalan. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

National Geographic POD

Words of Christ

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

How many days you have lived