Custom Search

My Slide



Minggu, Maret 21, 2010

Tips Melakukan Perjalanan Wisata

Sebelum mengadakan mengadakan perjalanan liburan ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar membuat suasana liburan tetap menyenangkan, akibat kurangnya persiapan. Saat berlibur, tentunya kita ingin suasana liburan tetap berada dalam situasi menyenangkan, walaupun tempat berlibur yang dituju adalah saat pertama kali kita menginjakkan kaki atau mengunjunginya. Terkadang suasana berlibur dapat berubah hanya akibat dari hal kecil misalnya, ada hal-hal yang tertinggal terutama dokumen pribadi, atau juga tidak cukupnya informasi mengenai daerah yang di tuju. Nah, untuk menghindari persungutan, penyesalan akibat tak terbawanya hal-hal tertentu juga menghindari saling menyalahkan, mari kita simak beberapa hal yang patut dipersiapkan sebelum mengadakan perjalanan liburan.

1. Tentukan jadwal keberangkatan
Merencanakan tanggal keberangkatan jauh-jauh hari dapat meringankan biaya transportasi juga akomodasi. Dengan merencanakan jadwal berlibur jauh-jauh hari, akan membuat lebih leluasa dalam memilih dan menentukan harga-harga tiket promo pesawat dan penginapan.
Beberapa penerbangan memberikan harga spesial tiket penerbangan dengan harga promo yang hanya membayar kursi atau pajak saja.

2. Tentukan lokasi tujuan yang akan di tuju
Setelah memutuskan tanggal berlibur tahap berikutnya adalah menentukan tujuan wisata yang akan dituju, tentunya setelah mendapatkan kesepakatan dari anggota rombongan yang akan mengadakan perjalanan.
Sebelum memutuskan tujuan wisata yang akan dituju, ada baiknya mendapatkan informasi mengenai daerah tujuan wisata tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi stress, apalagi kalau daerah wisata yang akan kita kunjungi adalah kali pertama kita menginjakkan kaki. Pengalaman kami sebelum adanya kesepakatan bersama untuk tujuan wisata adalah mendiskusikan tempat wisata yang akan dituju terlebih dahulu. Misalnya apabila tempat yang akan dituju pantai, atau gunung setiap anggota rombongan yang akan berangkat mengerti daerah yang akan dikunjungi.

3. Lakukan pemesanan tiket perjalanan dan akomodasi
Pemesanan tiket perjalanan selain tiket pesawat dari tanah air menuju tujuan wisata, bisa dilakukan dengan online, tetapi sebaiknya dilakukan melalui agen perjalanan yang sudah memiliki reputasi dan dapat dipercaya, yang banyak didapatkan melalui internet.
Pemesanan tiket online artinya adalah melakukan pemesanan dan transaksi melalui internet untuk akomodasi atau tour selama di daerah tempat wisata. Apabila berwisata ke daerah Malaysia, Asia Room adalah salah satu website yang patut dikunjungi karena mereka menawarkan harga akomodasi dari kelas hostel atau murah sampai hotel kelas berbintang dengan harga-harga promo dan juga dapat dipercaya.
Apabila berwisata ke dearah Thailand, kunjungi Thailand Hotels, website yang menawarkan harga-harga promo dan murah untuk penginapan selama berlibur. Sebenarnya banyak website bertebaran di internet, tetapi saya selalu menggunakan dua online booking tiket diatas untuk mendapatkan akomodasi murah meriah.
Melakukan pemesanan tiket melalui internet sangat-sangat membantu, dalam merencanakan perjalanan, kerena seakan-akan mencicil biaya. Mengapa? Sesuai pengalaman gajian bulan ini booking kamar untuk sekian hari, gajian bulan depan untuk booking dan membayar biaya tour selama berada di daerah wisata. Hampir sama dengan merencanakan keuangan. Pada saat hari "H" atau keberangkatan semua sudah siap dalam pengeluaran, jadi hanya perlu membawa uang untuk wisata kuliner dan membeli oleh-oleh atau membayar transport taksi atau bis selama dalam liburan.

4. Dapatkan infomasi daerah yang akan dituju
Memiliki pengetahuan atau informasi mengenai daerah wisata yang akan dituju, apalagi apabila belum memiliki pengalaman sebelumnya tentang daerah tersebut, sangat menolong sekali.
Daerah wisata yang ingin dituju bisa didapatkan melalui internet maupun media elekrtonik lainnya, juga buku-buku wisata. Yang sangat banyak dijual di toko-toko buku.
Dengan mengetahui banyak informasi akan membantu mengurangi stress, apalagi apabila wisata yang akan dituju berada di luar negeri atau memiliki bahasa yang sangat berbeda. Apabila ingin bekunjung ke daerah Malaysia, Singapore, Thailand, Indonesia atau negara-negara Asia yang ingin kunjungi.

5. Buat Scedule Perjalanan
Membuat schedule perjalanan sejak dari keberangkat, tempat-tempat yang akan dikunjungi setiap hari beserta jam-jam keberangkatan sampai saat pulang kembali setelah berwisata. Hal agar liburan dapat terkoordinasi dengan baik, serta mengoptimalkan waktu dan tujuan yang ingin dijalani selama berlibur. Selain untuk menghindari keterlambatan dan keterburu-buruan. Setiap anggota keluarga atau rombongan yang pergi berlibur dapat tetap mengetahui jadwal setiap hari yang akan dilakukan dan ingin dikunjungi. Yang paling penting adalah untuk menghindari keterlambatan dan mempermudah perjalanan. Karena setiap anggota rombongan mengetahui apa-apa saja yang akan dikunjungi selama liburan.

6 . Beri tahu orang terdekat
Sebelum berangkat pergi berlibur jangan lupa untuk meninggalkan informasi tempat keberadaan anda saat berlibur, seperti nomor telepon yang dapat dihubung, alamat e-mail atau nama tempat anda menginap, kepada orang-orang terdekat seperti, orang tua, kakak atau adik, pembantu di rumah bahkan teman di kantor. Tujuannya adalah apabila ada sesuatu hal yang mendadak anda dapat segera dihubungi atau mendapatkan informasi.

7. Persiapkan obat
Bagi anda yang meminum obat setiap hari seperti penderita sakit gula atau Diabetes Melitus/DM, Hipertensi/ Tekanan Darah tinggi atau pengguna obat lainnya, jangan lupa membawa persiapan obat selama liburan. Karena biasanya akan memiliki kendala apabila obat yang anda konsumsi setiap hari dan tempat dimana anda sedang berlibur tidak memiliki persiapan obat-obat seperti jenis obat rutin yang anda konsumsi.
Persiapkan juga obat-obat ringan sesuai dengan kebutuhan selama berwisata seperti obat penurun panas, seperti Panadol, Paracetamol, Bodrexin, dll. Obat flu dan batuk, seperti Konidin, Benadril Expectoran, dll , Obat diarea seperti Imodium, Kaopektat, dll, Obat mual dan muntah seperti primperan atau stemetil dll, Obat maag seperti Mylanta atau Gelusil, dll serta plester/band aid, betadine, dll. Persiapkanlah obat-obat ringan sesuai dengan adalah kebutuhan anggota rombongan.
Pengalaman sewaktu berlibur dimana anak bungsuku tiba-tiba panas tengah malam, sehingga tidak membuat kami panik, karena kami membawa persiapan obat walau berada jauh di negri sebrang.

8 . Persiapkan makan kecil
Terkadang dalam perjalanan makanan camilan sangat dibutuhkan terutama bagi rombongan keluarga yang memiliki anak yang masih kecil. Menyiapkan makanan-makanan kecil untuk camilan, dapat menjadi obat pengusir kebosanan sementara berada di bis atau kereta api.
Menyiapkan makanan kecil dapat membantu menghindarkan atau mengurangi bising akibat rengekan kebosanan saat berada dalam perjalanan.
Makanan ringan yang perlu dipersiapkan adalah makanan camilan kesukaan anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Kami selalu membawa persediaan camilan saat berwisata terutama apabila mengadakan liburan ke luar negeri, sebab terkadang camilan yang anak-anak inginkan tidak sesuai dengan yang ada di tempat yang kita tuju. Atau terkadang anak-anak merengek-rengek hanya karena menginginkan makanan kesukaannya.
Bagi kami makanan wajib yang harus dibawa adalah "indomie dan pop mie" is a must yang selalu berada dalam koper atau tas saat berwisata ke luar negeri. Mengapa? Karena "Indomie seleraku!" Bagi lidah kita, bangsa Indonesia yang biasa menikmati enaknya indomie, maka kita akan merasa rasa aneh aneh di lidah dengan noodle atau mie di luar negera kita. Atau memang karena sangat mencintai produk dalam negri. Haaaa
Menurut pengalaman noodle di Malaysia dan Thailand, selain lebih mahal rasanya kurang eunak. Ngak percaya? Coba deh! Maklum cinta dan selera dalam negeri.

9. Persiapkan dokumen
Persiapkan semua identitas diri dan letakkan di tempat yang mudah terjangkau seperti paspor, visa, tiket perjalanan serta bukti konfirmasi akomodasi, kartu keluarga serta yang paling penting kartu NPWP. Jangan pernah lupa membawa kartu NPWP. Mengapa? Apabila akan menagdakan perjalanan ke luar negeri lupa membawa kartu NPWP, siap-siap deh merogoh kantong Rp 2.500.000 per orang untuk bayar fiskal. Wah, lumayan khan! Persiapkanlan kartu NPWP agar dapat terhindar dari pembayaran fiskal.

Semoga bermanfaat!

2 komentar:

National Geographic POD

Words of Christ

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

How many days you have lived