Custom Search

My Slide



Jumat, September 09, 2011

Tips Liburan Dengan Rombongan Besar Tanpa Travel Agent

Kamis, 23 Juni 2011
Akhirnya doa yang kami panjatkan terwujud. Doa serta keinginan memberikan pengalaman baru serta menyenangkan mertua atau orang tua akhirnya terwujud, mengunjungi Singapore. Keinginan mertua saya ingin sekali meninjakkan kaki ke Singapore. Karena pada liburan Desember 2007 lalu kami tidak sempat mengunjungi negeri Merlion Singapore.

Kesempatan yang kami impikan akhirnya Tuhan berikan serta percayakan untuk menyenangkan orang tua atau mertua yang sudah semakin renta. Perjalanan liburan kami mulai dari Bandara Cengkareng, Jakarta menuju Changi Airport, Singapore. Penerbangan menggunakan pesawat airasia yang sudah kami pesan jauh-jauh hari sehingga bisa mendaptkan harga tiket promo alias sangat murah.

Sesampainya di bandara Changi kami naik taxi atau mini bus dengan 7 tempat duduk dari terminal 3 di Changi Airport dengan harga Sing $50 langsung akan menuju Sentosa Island untuk bermalam satu malam di Siloso Resort, Sentosa, Singapore.

Transportasi Dari Changi Airport Singapore Menuju Sentosa Island
Oh, ya hanya sekedar informasi aja!  Apabila mau langsung menuju Sentosa Island, Singapore dari Changi Airport, sebaiknya jangan naik taxi argo kalau rombongan lebih dari 3 atau 4 orang.  Karena naik taxi argo harganya lebih mahal dibandingkan dengan taxi yang kita pesan dari airport.  Dari Changi airport menuju sentosa dengan taxi argo harganya Sing$ 48, sementara naik taxi atau kendaraan dari 'Woodlands Transport' yang berada percis di sebelah kanan pintu keluar hanya Sing$40.  Lumayan khan sisanya untuk makan di Vivocity. Kenapa saya katakan lebih murah, karena pengalaman. Pengalaman adik ipar saya yang sampain terlebih dahulu pagi harinya karena mereka berangkat dari Bandung.  Keluarga adik ipar saya yang sampai terlebih dahulu dari Bandung - Changi, Singapore, mereka naik taxi argo meter dari Changi airport menuju Sentosa Island. Tau nga mereka bayar berapa? Mereka membayar Sing$ 48 , satu taxi 4 orang, padahal kami 1 mobil besar dengan 7 tempat duduk hanya Sing $ 50, saja! Padahal naik taxi yang sama yang digunakan keluarga adik ipar saya, hanya perlu mengeluarkan Sing $ 40. Lebih murah khan?

Liburan keluarga kami kali ini, murni hanya untuk menyenangkan orang tua yang sudah renta dan lanjut usia. Setelah beberapa bulan mengatur jadwal perjalanan, secara iseng saya mengajak keluarga adik ipar yang tinggal di Bandung untuk bersama-sama berlibur bersama orang tua. Gayung bersambut, kebetulan mereka belum pernah ke luar negeri, akhirnya mereka memutuskan untuk berangkat bersama-sama menikmati liburan bersama orang tua dan adik ipar lainnya. Beruntungnya lagi maskapai penerbangan 'airasia' sudah membuka pernerbangan langsung dari Bandara Husein Sastra Negara, Bandung langsung menuju Bandara Changi, Singapore. Dibukanya penerbangan langsung sangat menghemat biaya dan waktu bagi mereka yang tinggal di Bandung, apabila berencana berlibur atau berjalan-jalan ke Singapore, terutama mengunjungi Universal Studio yang sangat mengangumkan sekali.

Tips Liburan (Rombongan)Tanpa Travel Agent
Apakah bisa berlibur dengan jumlah rombongan besar tanpa travel agent? Jawabannya tentu bisa.  Ngapain bayar mahal-mahal pake travel agent.  Sekarang sudah zaman canggih semua kita bisa booking lewat internet dan melakukan pembayaran sebelum keberabgkatan.  Liburan yang kita rancang sendiri akan sesuai dengan keinginan kita serta kemauan anggota rombongan keluarga kita bersama.  Intinya rajin-rajinlah hunting untuk mendapatkan promosi harga murah untuk hotel maupun tiket penerbangan.

1. Rajin Hunting
Sudah menjadi kebiasaan saya 'rajin hunting' untuk mendapatkan harga tiket murah.  Saya hanya mau berlibur kalau dapat tiket murah, dan mengeluarkan tentunya budget yang murah meriah.  Saya lakukan hanya untuk satu kata dengan biaya sedikit tetapi mendapat manfaat yang besar.Pokoknya itu gue banget deh!

2. Tentukan Jadwal
Menentukan jadwal berlibur sangat berpengaruh jauh terhadap budget. Lebih jauh waktu yang akan kita rencanakan untuk berlibur, lebih murah biasanya biaya yang akan kita dapatkan.

3.  Buat Rencana Keuangan
Pengalaman kami, setelah menetapkan waktu untuk berlibur, pada bulan pertama saya mulai cari-cari tiket promo untuk penerbangan.  Inilah yang saya katakan sangat perlu sekali rajin hunting, untuk mendapatkan tiket promo murah.  Setelah mendapatkan tiket penerbangan dan membayarnya pada bulan berikutnya, saya mulai cari-cari hotel dengan harga promo.  Pas, saya sudah mendaptkan harga yang pantas dengan keuangan maka saya bayarkan. Lalu bulan berikutnya hunting dan bayar untuk "tour", pada saat berada di tempat berlibur dan ingin menngkuti tour.  Jadi hitung-hitung seperti mencicillah istilahnya.

4. Menabung Untuk Uang Jajan Dan Belanja
Usahakan 4-5 bulan sebelum keberangkatan semua pembayaran sudah terbayarkan, seperti tiket pesawat, hotel dan tour, dll.  Setelah semua beres keperluan berlibur beres, 4-5 bulan sebelum keberangkatan tinggal nabung untuk makan, ongkos-ongkos dan berbelanja selama berlibur.  Sehingga saat tiba hari akan pergi berlibur, tinggal berangkat dan uang jajan atau uang makan, serta ongkos-ongkos kecil lainnya sudah tersedia.

Terasa lebih ringan kalau semua sudah direncanakan, karena pengeluaran besar lainnya seperti tiket pesawat dan hotel semuanya sudah dibayarkan terlebih dahulu. Dengan demikian akan mengurangi stress dalam pengeluaran, dan liburaan alias lebih rileks dan menyenangkan.
Hal yang sama selalu kami lakukan saat membawa orang tua kami berlibur.  Bayangkan kami sudah 2 kali membawa mertua berlibur ke luar negeri (walau cuma Asia). Desember 2007 kami bawa mereka mengunjungi Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, Pataya dan Hat Yai dan dan Juni-Juli 2011 lalu kami bawa mertua mengunjungi Singapore, Kuala Lumpur dan Phuket. Orang tua sayapun kami pernah bawa berlibur pada bulan Juni-July 2008 mengunjungi Penang, Hat Yai, Krabi, Bangkok, Kuala Lumpur.
Pepatah mengatakan 'segala sesuatu serba teratur akan memudahkan'. Prinsip itulah yang selalu saya terapkan dalam setiap kali akan berliburan bersama keluarga keluarga.
Semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar:

National Geographic POD

Words of Christ

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

How many days you have lived