Custom Search

My Slide



Kamis, Mei 07, 2009

Transportasi Keluar Dari Kuala Lumpur Internasional Airport

Airport kota Kuala Lumpur ada dua, yaitu LCCT (Low Cost Carrier Terminal) Airport dan KLIA (Kuala Lumpur International Airport) Airport.
LCCT Airport dan KLIA airport jaraknya sekitar 70 km dari kota Kuala Lumpur. Lantas apa beda dari kedua airport tersebut? LCCT Airport lebih dikhususkan sebagai airport untuk pesawat komersil murah meriah Air Asia saja.

Sedangkan KLIA Airport merupakan airport untuk berbagai macam pesawat komersil seperti KLM, Singapore Airlines, Garuda, dll. Jarak antara kedua airport itu sendiri sekitar 20 menit perjalanan naik mobil atau bus.
LCCT (Low Cost Carrier Terminal).

Kalau pergi ke Kuala Lumpur menggunakan pesawat Air Asia sudah pasti akan mendarat disini. Namanya juga Low Cost Carrier Terminal alias airport murah, jangan heran jika sesampainya di sini di dalam hati berkata-kata, ini airport kok biasa-biasa aja yah?

Pertama kali mendarat di LCCT Airport, dalam hati berkata, kok airportnya biasa-biasa aja yah, kata orang-orang Kuala Lumpur lebih bersih dan modern dari Jakarta tapi kok airportnya gini-gini aja? Maksudku lumayan baguslah, tapi dibandingkan dengan Suvarnabhumi Airport di Bangkok,yang membuat lidah berdecak kagum. Luar biasa. Modern sekali. Bagus luar biasa.

Ada dua cara untuk pergi ke Kuala Lumpur dari LCCT Airport. Yaitu dengan menggunakan bis dan taksi. Biaya taksi dari LCCT Airport ke Kuala Lumpur sekitar RM70 s/d RM90. Jangan lupa beli kupon tiket taksi di airport, kalau tidak, supir taksi iseng akan mengenakan biaya dua kali lipat dari harga normal.
Naik bis Air Asia, biayanya sekitar RM8 s/d RM9 per orang. Lama perjalanan ke Kuala Lumpur sekitar 1 jam lebih. Di Kuala Lumpur bis ini akan berhenti di KL Sentral, pusat penghubung kereta api di sekitar Kuala Lumpur, kota-kota di Malaysia dan juga ke negara-negara lain, seperti Singapore maupun Bangkok atau daerah sekitar Thailand.

Jika tidak terburu-buru waktu dan ingin mencoba naik kereta api ekspres ke Kuala Lumpur dari LCCT Airport, bisa juga. Caranya, naik bis terlebih dahulu ke KLIA Airport (sekitar 20 menit perjalanan), dari sana pergi ke stasiun kereta api ekspress yang terletak di lantai dasar KLIA Airport. Kalau ramai-ramai sebaiknya menggunakan taksi, jatuhnya jauh lebih murah daripada naik kereta api.

Mendarat di Airport Kuala Lumpur apalagi untuk pertama kalinya kadang bingung. Oh,ya di Airport Kuala Lumpur tidak perlu bingung-bingung karena semua serba teratur. Setelah melewati pemeriksaan dan cop-cop pasport tanda memasuki negara jiran Malaysia, di jalan keluar sudah ada beberapa agen tranportasi yang menawarkan angkutan menuju ke KL Sentral atau tujuan kita selanjutnya. Sebaiknya membeli tiket di counternya, biasanya para petugas mengarahkan ke counter areanya.

Beberapa alternatif Dari LCCT ke KL Sentral Dan Sebaliknya:
1. Biasanya ada orang-orang yang akan berteriak-teriak menawarkan Bis Air Asia. Bis dengan Label Air Asia, berangkat setiap setengah jam menuju KL Sentral. Nyaman dan cepat. Segera beli tiket di counternya.
Keberangkatan pertama pukul 4.30 pagi dari terakhir pukul 12.45 dari LCCT (Low Cost Carrier Terminal).Untuk jadwalnya bisa klik disini aerobus schedule.
Dari Airport/ LCCT ke KL Sentral hanya memakan waktu 1 jam perjalanan.
Naik Bis Air Asia lebih murah dan nyaman.
Dari KL Sentral ke LCCT, Bis pertama berangkat pukul 3.15 pagi dan terakhir pukul 22.30 pm, bis berangkat setiap setengah jam.
Pokonya jauh lebih murah menggunakan bis ini. Apalagi kalau kita booking sekalian dengan kalau kita kita booking tiket lewat elektronik. Murah deh, pokoknya. O ya, tarif dari LCCT ke KL Sentral, atau dari KL Sentral ke LCCT hanya MYR 9, per-orang.

2. Star Shuttle Sdn Bhd
Bis dengan tujuan KL - Shah Alam - Subang - LCCT/ LCCT - Subang - Shah Alam - KL. Tarif per-orang MYR 10.
Kami menggunakan bis ini, karena kami menginap di Brisdale hotel (www.brisdale.com.my), tetapi kalau menginap di daerah China Town mendingan naik Bis Air Asia dulu ke KL Sentral. Dari sana baru bisa naik monorail.
Karena kami menginap di Brisdale kami pernah naik Bis dulu sampai ke KL Sentral kemudian dari KL Sentral naik monorail. Aduh nyaman banget deh.

3. Kereta KLIA Express. Keretanya bagus dan bersih. Hanya perlu waktu 30 menit untuk bisa tiba di KLIA (Kuala Lumpur International Airport) atau dari KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Tapi harganya juga bagus. MYR 35. Bebas memilih mau yang mana!

4. Kalau bepergian dengan partner, 3 atau 4 orang, mending naik taksi dari dan ke KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Dari Kuala Lumpur sekitar MYR 80.
KLIA Airport

KLIA Airport merupakan airport yang sangat besar, megah dan katanya pernah mendapatkan penghargaan berkali-kali sebagai airport terbaik. Cara termurah untuk pergi ke Kuala Lumpur dari KLIA airport adalah dengan menggunakan bus. Biayanya berkisar antara RM8 s/d RM10 per orang dan bus tersebut akan berhenti di 2 pemberhentian bus di KL yaitu Hentian Duta dan STAR LRT Station, Chan Sow Lin. Bus ini siap berangkat tiap 30 menit dan akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju kota Kuala Lumpur.

Cara lain adalah dengan menggunakan taksi. Ada 4 tipe taksi di KLIA Airport. Ke empat taksi tersebut adalah budget taxi (4 panumpang), premier limo (4 penumpang), super luxury (3 penumpang) and family service (8 penumpang). biayanya sekitar RM70 s/d RM90, tergantung di bagian kota Kuala Lumpur mana yang akan anda tuju. Sebaiknya membeli kupon taksi di airport terlebih dahulu sebelumnya, jika tidak supir taksi yang iseng biasanya akan mengenakan biaya 2 kali lipat.

Cara yang paling cepat untuk menuju kota Kuala Lumpur dari KLIA Airport adalah dengan menggunakan kereta api KLIA Express. Stasiun kereta api ini terletak di lantai dasar KLIA Airport dan ia ada setiap 20 menit dari pukul 5 pagi sampai 12 malam. Harga tiket untuk dewasa RM35 one way atau RM70 return. Untuk anak kecil berusia antara 2 s/d 12 tahun harga tiketnya RM15 one way dan RM30 return. Dalam waktu 28 menit akan sampai di stasiun kereta api Kuala Lumpur, KL Sentral.

Kalau anda ramai-ramai sebaiknya menggunakan taksi, jatuhnya jauh lebih murah daripada naik kereta api. Tapi untuk mencari pengalaman, naik kereta api KLIA Express, menurut saya amat layak untuk dicoba, keretanya bagus sekali, kapan Jakarta punya kereta seperti ini yah.

Tidak ada komentar:

National Geographic POD

Words of Christ

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

How many days you have lived