Custom Search

My Slide



Kamis, Mei 07, 2009

Kereta Api Malam dari Kuala Lumpur ke Penang

KUALA LUMPUR-BUTTERWORTH-PENANG

Naik Kereta Api malam dari Kuala Lumpur, wah cukup menyenangkan.
Bayangkan kita bisa tidur sepanjang malam kayak di rumah sendiri. Oh, yach tiket kereta api bisa diakses lewat website KTM, dan kita juga bisa booking langsung lewat email. Jadi, pas harinya kita mau berangkat tinggal ambil dan bayar tiketnya di counternya. Karena kalau pas lagi padat-padatnya seperti Liburan Sekolah, Christmast dan New Year, wah ngantrinya panjang banget untuk membeli tiket. Percis seperti di Gambir. Bedanya, Malaysia dan Indonesia kenyamanannya. Ngak ada calo lho! Oh, yach tempat pembelian tiket adalah di KL Sentral, kalau pas di Kuala Lumpur.

Perjalanan liburan kali ini, sengaja kami memilih naik kereta malam, dengan alasan pertama, bawa orang tua alias mertua yang sudah umur 77 tahun dan 74 tahun. Alasan kedua, ini yang paling penting, lumayan khan, ngirit penginapan satu malam. Haaaaa..

Sebenarnya dari Kuala Lumpur banyak Bus menuju Penang dan waktunya lebih cepat dan langsung turun tidak jauh dari Komtar. Waktunya cuma 7-8 jam dari Kuala Lumpur ke Penang. Bus bisa kita dapatkan di Stasiun Puduray.

Oh, ya, pertama kali kami, pergi berlibur keluar negeri, pada Desember 2006. Rute perjalanan kami dimulai dari Jakarta-Medan-Penang-Hat Yai-Phuket-Hat Yai-Singapore-Kuala Lumpur-Penang-Medan-Jakarta, semua perjalan kami naik Bus, kecuali, perjalanan kami Jakarta-Medan, Medan-Jakarta. Dengan pengalaman liburan sebelumnya, kali ini Desember 2007 liburan kami berikutnya kami melilih naik kereta api. Merupakan pengalaman baru buat anak-anak dan kami semua. Karena kebetulan mertua yang sudah berusia dan juga akan lebih rileks dan santai menaiki kereta api. Dari Jakarta kami munuju Medan, bertemu mertua, dan dari Medan kami bertolak menuju Kuala Lumpur, dengan penerbangan yang sangat kami cintai Airasia, bukan promosi lho. Memang kenyataan. Berkat Airasialah maka kami bisa berjalan-jalan setiap tahun. Karena bisa diakses jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.


Setelah satu malam menginap di Kuala Lumpur kami meneruskan perjalanan kami menuju Butterworth untuk sampai ke Penang. Untuk menuju Penang, harus melalui Butterworh kalau kita menaiki kereta api. Tetapi kalau naik bis bisa langsung sampai di Penang.

Pagi-pagi biasanya sudah ada orang "berteriak-teriak" menawarkan tujuan. Baik itu bis menuju Singaore, Bangkok atau daerah-daerah sekitar Thailand, maupun bis-bis yang akan meuju sekitar Malaysia. Jadi kalau pagi tidak usah masuk sampai ke Stasiun Puduraya, tapi tunggu saja di jalan besar, sebelum masuk ke stasiun. Soalnya kalau sampai ke stasiun, bus akan berangkat kalau sudah penuh, dan nunggunya lama.

Kereta api malam dari KL Sental menuju Butterorth bertolak pukul 8.45 malam dan besok paginya jam 5.30, kita akan sampai di Butterworth. Lebih lama bukan? Karena keretanya sedikit-sedikit berhenti. Makanya lebih lama. Tapi namaya tidur kagak kerasa bo'. Dan ini merupakan pengalaman baru bagi anak-anak, bahwa mereka pernah merasakan naik kereta api dan tidur seperti di rumah sendiri. Tidak terasa satu malam, tiba-tiba saja sudah pagi dan siap-siap harus turun.

Karena kereta api yang kami naiki, setelah menurunkan penumpang di Butterworth akan segera berangkat menuju Hat Yai, Thailand. Untuk Hat Yai, nanti aku cerita selanjutnya.

Sesampai di Butterworth, tidak perlu naik taxi, karena naik fery untuk penyeberangan hanya memakan waktu 15 menit doang. Dan satu orang hanya RM.1.7. Kalau naik taxi mereka akan tawarkan satu Capatau satu Taxi, mereka menamakan taxi mereka, dan hargannya lumayan lho satu taxi RM.50, coba, jauh khan perbedaanya. Sesampai disebrang, sudah sampai di Penang, jalan sedikit baru deh naik taxi, menuju tempat tujuan. Harganya tergantung tujuan. Tetapi naik taxi di Penang, nga perlu khawatir, karena mereka sudah punya tarif untuk jauh dekat dan setiap tujuan. Taxi disana kebanyakan tidak pake argo.

2 komentar:

Silveria mengatakan...

Bisa dilanjutkan bagaimana perjalan ke Hat Yai dari Penang.Selanjutnya perjalanan dari Hat yai menuju phuket???
trims

Erna Yulia Tambunan mengatakan...

Hi, Sil
coba kunjungi http://ernatambunan.blogspot.com/2009/10/perjalanan-dari-penang-ke-hat-yai.html
mudah2 berguna!

National Geographic POD

Words of Christ

eBible Search

Ada kesalahan di dalam gadget ini

How many days you have lived