Custom Search

My Slide

Jumat, Juli 23, 2010

Trik Murah Biaya Perjalanan Phuket-Penang

Setelah beberapa hari berlibur di Pantai Pathong, Phuket, rencananya pengin langsung meneruskan perjalanan meunju Penang, Malaysia, tanpa berhenti di Hat Yai dengan alasan untuk menghemat waktu. Karena, seperti menjadi kebiasaan, kami akan melakukan General Check Up tahunan di Penang Adventist Hospital, Malaysia. Ternyata tidak ada kendaraan langsung dari Phuket, Thailand menuju Penang, Malaysia. Semua bis atau van yang akan menuju Penang, akan berhenti dahulu di Hat Yai, Thailand,sebelum meneruskan perjalanan menuju, Penang, Malaysia.  Karena, negara Thailand, sudah menetapkan kendaraan-kendaraan antar negara melalui travel-travel agent yang tersebar di Hat Yai.

Mengapa Harus Berhenti Di Hat Yai?
Hat Yai, adalah kota terujung dari Thailand, sangat dekat dengan Penang, Malaysia atau merupakan kota perbatasan antara Malaysia dan Thailand. Apabila ingin meneruskan perjalanan dari daerah-daerah sekitar Thailand menuju Malaysia atau Singapore semua kendaraan harus berhenti di Hat Yai, untuk berganti kendaraan menuju Penang, Malaysia atau Singapore. Angkutan lintas negaralah yang akan membawa kita menuju tempat yang kita akan tuju.  Bukan angkutan antar kota Thailand. Tersebar berbagai travel agent Hat Yai, Thailand menuju kota-kota di Malaysia atau Singapore, tetapi harganya tetap sama, yang membedakan hanya armadaya.  Hebat lho...biar armada bersaing ada yang bagus dan agak kurang bagus tetapi harga tetap sama.

Hanya Karena Pingin Menghemat Waktu
Saat liburan Juni-July 2010 setelah satu minggu berada di Pathong Beach, Phuket, Thailand, kami ingin menghemat waktu langsung menuju Penang, Malaysia untuk General Check Up tahunan.  Pergilah kami membeli tiket bis terminal bis Phuket. Saat akan membeli tiket bis saya katakan 'saya mau beli 5 tiket bis, tetapi yang langsung menuju Penang, Malaysia.  Dengan menggunakan bahasanya yang tidak kita mengerti dia bertanya kepada aget penjualan tiket dan dia katakan iya, bisa'.  Sebelum saya memutuskan membeli saya tegaskan kembali saya mau langsung tidak pake berhenti di  Hat Yai. Dia jawab 'ya'.  Akhirnya kami putuskan membeli tiket bis malam, jam 10 malam dari Phuket dengan asumsi sampai pagi di Penang, Malaysia. Karena perjalanan Phuket-Hat Yai kurang lebih 7 jam, dari Hat Yai-Penang kurang lebih 3-4 jam.  Jadi, kami pikir, sampai Penang pagi langsung bisa check up.  Jadi bisa menghemat waktu untuk jalan-jalan ke tempat lain. Ternyata kami dibohongi. Ternyata nga beda jauh dengan calo di tanah air yach.
Perjalanan lancar dari Phuket menuju Hat Yai sehingga hanya memakan waktu 6 jam saja, namanya juga naik bis malam.  Pagi sbuh jam 4.30 pagi kami sudah sampai di terminal bis Hat Yai. Kami kira kami akan berganti bis untuk naik bis berikutnya menuju Penang, sesuai janji 'calo' di terminal bis Phuket.  Ternyata, kami harus menunggu sampai travel agent buka.  Setelah tanya sana sini ternyata juga angkuta pertama menuju Penang, Malaysia dari Hat Yai adalah jam 8 pagi.  Hooo...jadi terpaksalah kami harus menunggu di terminal bis Hat Yai, sambil menunggu Travel Agent buka. Tapi jangan salah lho, biar terminal bis antar kota, tempatnya bersih, kursi-kursinya bersih, ada TV, kamar mandi bersih, kita juga bisa mandi, sebelum meneruskan perjalanan.  Dan banyak warung-warung menjajakan makanan khas Thailand di sekelilingnya.  Jadi walau lama menunggu selama 4 jam, lumayan juga melihat kebiasaan-kebiasaan orang-orang sana makan pagi dan juga tentunya kamipun merasakan enaknya makan pagi ala Thailand campur Melayu.

Sebetulnya, saat liburan, Desember 2006, setelah beberapa hari kami berada di Phuket, kami berhenti dan bermalam di Hat Yai, sebelum meneruskan perjalanan menuju Singapore, dan liburan Desember 2007, setelah dari Bangkok naik bis malam kami menghabiskan waktu 2 hari di Hat Yai, sebelum meneruskan perjalanan menuju Kuala Lumpur. Akibat mau menghemat waktu, saat membeli karcis bis, waktu saya tanyakan apakah bis ini langsung ke Penang, dan mereka jawab 'ya', demi menghemat waktu, kami belilah tiket bis dari Phuket menuju Penang, Malaysia.

Trik Murah Biaya Perjalanan Phuket-Penang
Hat Yai, adalah kota terujung dari Thailand, sangat dekat dengan Penang, Malaysia, dengan 3-4 jam perjalanan. Dari Hat Yai ke Kuala Lumpur hanya 7 jam perjalanan dan Singapore dengan 12 jam perjalanan.  Dan semua armada angkutan antar negara start dari Hat Yai, namanya juga negara perbatasan.
Bersdasarkan pengalaman kami tersebut saya mau membagikan trik, biar nga salah kaya kami.  Heee, pengalaman adalah guru terbaik khan?
Sepulang berlibur di pantai Pathong, Phuket, ingin mengunjungi Penang, Malaysia ingin sampai hanya dalam satu hari, sebenarnya bisa. Saya akan kasih triknya.
Caranya adalah usahakan naik bis dari terminal bis Phuket pagi hari sehingga sampai di Hat Yai siang atau sore hari. Bis atau Van terakhir dari Hat Yai menuju Penang adalah jam 3 sore.  Ingat lho, pagi hari dari terminal bis Phuket.  Jangan seperti kami, kami naik bis malam dari Phuket, sehingga jadilah kami harus menunggu di terminal bis Hat Yai kurang lebih 4 jam lamanya. Akh, itulah pengalaman.

Agar teman-teman tidak salah seperti kami, maka saya bagi pengalaman kami, biar kami doang orang Indonesia yang merasakan pengalaman itu heee. Karena pengalaman merupakan guru terbaik.  Iya khan!!
Oh, yach kalau dari Hat Yai menuju Phuket, enaknya naik bis malam.  Karena dari terminal bis Phuket selalu ada angkutan atau tuk-tuk, taxi menuju Pahong, Phuket.  Enaknya naik bis siang, banyak yang dilihat.

Informasi Bis Dari Phuket-Hat Yai
Harga tiket 535 Bath atau ± 160.000 apabila kurs bath 1 Bath=Rp.300

Jam keberangkatan menuju Hat Yai
13.30, 21.45
Ini yang kami naiki, karena maksudnya pengen segera paginya nyambung ke Penang.  Eh, ternyata sampe di Hat yai, malah harus nunggu dulu 4 jam baru keberangkatan pertama ke Penang.Nomor telepon: 076 211480\076 212507

2. Bis 1st class dengan air conditioned

06.40, 07.50, 08.40, 11.45, 13.30, 17.30, 20.30

Ph:081 0820900

4. Mini bus
Menggunakan mini bus jauh lebih cepat hanya 6 jam perjalanan karena tidak berhenti-berhenti